Blog Apdri

Beberapa catatan sederhana

Ada Apa di Tamanjaya?

with 36 comments

Salah satu air terjun di Tamanjaya

Waktu nonton acara Paradiso di TV beberapa bulan lalu, settingnya mengambil tempat di Sukabumi. Pembawa acaranya berada di depan air terjun yang lebar.

Berhubung tidak ingat nama air terjunnya, dicarilah info di internet dan mulai berkenalan dengan tempat yang belum pernah saya datangi, bernama Tamanjaya.

Tamanjaya ini tampaknya kurang populer dan situs Pemkab Sukabumi saat ini pun belum memasukkannya dalam daftar tempat wisata. Pengetahuan tentang tempat ini lebih banyak saya peroleh dari situs lokal seperti SMPN 1 Ciemas.

Di mana itu Tamanjaya?  Letaknya belasan kilometer di sebelah barat Jampang Kulon, sebuah kecamatan di jalur Sukabumi – Surade  kalau pergi ke Ujung Genteng. Di kawasan ini mengalir sungai Cileutuh yang lebar, dengan beberapa air terjun vertikal di patahan tebing dasar sungainya. Foto-foto yang menarik dapat dilihat di galeri Iqbal Luthfi, salah satunya ditampilkan di atas.

Beberapa lokasi menarik di Tamanjaya dan Ciwaru

Keterangan lokasi :

  1. Curug Awang (Tamanjaya)
  2. Jembatan dan bendungan (Tamanjaya)
  3. Curug Tengah (Tamanjaya)
  4. Curug Puncak Manik (Tamanjaya)
  5. Panenjoan (Tamanjaya)
  6. Muara Cileutuh (Ciwaru)
  7. Curug Cimarinjung (Ciwaru)

Menelusuri Sungai Cileutuh yang berliku-liku dari Google Map, bisa diamati dengan jelas air-air terjun di sepanjang alirannya.
Silakan dibandingkan lebar sungai dengan panjang garis skala di pojok kiri gambar-gambar berikut ini.

Curug Awang

Jembatan, bendungan dan saluran irigasi

Jembatan itu mungkin dapat dijadikan patokan, ke arah hulu akan bertemu Curug Awang, ke hilir bertemu Curug Tengah dan Curug Puncak Manik. Selain hutan dan persawahan, sepertinya ada perkebunan (kelapa sawit?) di sebelah utara Curug Tengah, tampak dari jarak tanam pohon-pohonnya yang teratur. Warna jalannya yang coklat, mungkin saja adalah jalan tanah atau aspal berbatu.

Curug Tengah dan Curug Puncak Manik

Waktu setengah hari boleh jadi kurang untuk berjalan kaki hingga ke dasar air-air terjun ini.
Seandainya mau berpetualang seharian penuh, mampir di Panenjoan yang letaknya di atas tebing, menikmati panorama di pinggir ngarai yang memanjang dari Tamanjaya hingga teluk Cileutuh di arah barat laut.

Setelah itu mencari jalan turun ke desa Ciwaru di dasar lembah hingga ke bibir pantai di teluk yang tenang.
Selain sungai Cileutuh, sungai Cimarinjung pun bermuara ke sini.  Air sungai yang melintasi dinding ngarai, jatuh membentuk air terjun seperti Curug Cimarinjung dan Cikanteh.

Teluk Cileutuh dari atas tebing, foto diambil dari album Dedi Suhendra di panoramio.com

Saya tidak yakin apa ada penginapan di sini, mungkin harus mendirikan tenda dulu sebelum menikmati sunset di balik lautan…. :D
 

Written by apdri

17 Oktober 2011 at 11:33

36 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya baca2 di detik.com tentang gunung lalakon di kab. bandung.

    sekali2 deh nyoba kesana gan…

    biar kita bisa baca2 juga versi anda..

    toyib

    22 November 2011 at 00:46

    • saya cari-cari infonya dulu…
      terima kasih sudah mampir :)

      apdri

      22 November 2011 at 01:23

  2. kalau di pantai palampang ada satu villa yang langsung menghadap pantai palampang dan tidak jauh dari air terjun harga satu malem kalau nga salah 400 ribu, untuk 50 s/d 100 orang

    Benidiktus Sarpumwain

    3 Januari 2012 at 05:57

    • wah saya belum pernah ke pantai itu…
      terima kasih atas infonya…

      apdri

      4 Januari 2012 at 08:34

  3. Saya bangga dengan daerah saya,Ciwaru.yang menyimpan sejuta pesona,cuman saat ini belum bisa di rasakan oleh masyrakat luas ke indahan Wisata pantai palangpang,curug Cimarinjung.Curug Cikanteh.di kernakan akses jalan yang sangat tidak memadai.Coba kalau sudah selesai jalur jalan Lintas Pantai Selatan.yang melingkar pas.ke pantai palangpang…saya Mohon kepada intansi terkait,pemerintah.Kabupaten,Propinsi.dan Pusat Untuk secepatnya di selesaikan..trima kasih…

    Eden Permana

    9 Januari 2012 at 19:33

    • betul, tempat ini sangat alami dan indah sekali … :)

      Sebenarnya nasib proyek jalan lintas pantai selatan Jabar itu amat sangat memprihatinkan,
      sempat ambil foto waktu lewat perkebunan Agrabinta yang sepi (9 bulan lalu) :

      Tulisan di papan itu mungkin sudah tidak ada lagi sekarang karena termakan cuaca,
      dan tidak banyak orang tahu tentang proyek jalan senilai lebih dari 44 miliar ini,
      yang mestinya sudah rampung tahun kemarin dan tahap pemeliharaan pun hampir usai.

      Dari 90 kilometer lebih ruas Tegalbuleud – Agrabinta – Sindangbarang,
      tidak sampai 10 km yang dibeton, kebanyakan hanya di dekat Sindangbarang saja.
      Sama sekali tidak tampak aktivitas pekerja mengaspal atau mengecor beton,
      alat berat dibiarkan jadi rongsokan di tepi jalan perkebunan kelapa,
      jalan beton yang sepotong-sepotong dipakai menjemur kopra,
      tidak bertemu bus penumpang lewat, truk saja terperosok,
      bagaimana roda perekonomian mau berputar….

      apdri

      11 Januari 2012 at 02:54

  4. Kapan ya…jalur lintas selesai….? kami warga Masyarakat Ciwaru mendambakan secepatnya seleseai,karna Antara Ciwaru pelabuhan Ratu dekat sekali kalau jalur jalan lin tas sudah selesai,bisa belanja sayurmayur ke pelabuahan pagi2,jika di banding dengan jalur yang sekarang perbedaanya 75 %,jauh yang sekarang ke pelabuhan ratu,

    Eden Permana

    11 Januari 2012 at 10:40

    • jalur yang sekarang itu memutar lewat Jampang Kulon ya?
      apakah sudah ada jalan tanah/batu antara Pelabuhan Ratu – Ciemas – Ciwaru?
      ingin coba lewat sana pake motor, mungkin kalau musim hujan sudah berakhir… :)

      apdri

      12 Januari 2012 at 02:12

  5. Assalamu Alaikum Wa Wb.Perkenalkan Nama Sayah Eden Permana.Asli Ciwaru:
    Sudah ada,jalan tanah,bahkan sudah ada yang di keras separo.juga sering di Pake OFFROAD,Roda Dua Maupun Roda Empat, mulai masuk loji,Bagbagan Palabuhan ratu,Sudah tembus sampai Ciwaru,itu rencana jalur pantai selatan soalnya jalan nya juga lebar 12 meter.jembatan sudah di bangun jembatan cimarinjung,jalur tersebut mulai masuk anggaran APBD kalau ngak salah th 2000,sampai 2004,dari 2004.sampai sekarang mandeg ngak ada keberlanjutan nya.apa itu mau di lanjutkan apa mau udah sampai di situ ajah.terbengkalai..?pada hal.jika jalan lintas itu sudah selesai,Perekonomian masyarakat pakidulan saya yakin akan meningkat,juga tempat2 Wisata mudah di jangkau karna jalur itu pas mulai palabuhan sampai Ujung Genteng pinggir pantai melingkari pantai,trus Wisatawan.lokal dan asing yang sudah berada di pantai palabuhan ratu,mudah menjangkau Wisata yang ada di Pakidulan,seperti Pantai Palangpang,Ciwaru,Air terjun Cimarinjung,Cikanteh,pantai Ujung Genteng,Karna Palabuhan Ratu ke Sana Dekat Sekal Potong Kompas,Coba kalau sekarang misalnya Posisi sudah di Palabuhan Ratu Mau Ke Ujung Genteng.berapa kilo meter lagi yang harus di tempuh mungkin 90 km.Ciwaru 70 km.melelahkan.belum jalan nya jelek.Coba kalau Jalur lintas selesei.Cukup 40 km sajah sudah sampai di Ujung genteng.saya sangat mendambakan itu semua cepat terealisasikan,saya mohon kepada intansi terkait mulai Dinas Bina marga,Pariwisata,pertanian,( Legislatif dan Eksekutif.mana Janji janji mu….?mana Selogan mu LANJUTKAN….? Wassalam..

    Eden Permana

    12 Januari 2012 at 06:50

    • Wa ‘alaikum salam wr wb. terima kasih banyak atas infonya,
      semoga jalan tembus itu bisa segera terwujud.
      Ciwaru pasti lebih berkembang karena potensi alamnya dan
      lokasinya yang strategis di pertengahan Pelabuhan Ratu – Ujung Genteng…

      apdri

      12 Januari 2012 at 09:22

  6. Terima kasih semoga mimpi kami warga pajampangan.Ciwaru Ciemas.secepat nya terwujud…….dengan di bangun nya sarana transportasi.jalan Lingkar selatan……Insa Allah akan semuanya meningkat.dan akan semakin rame……….

    Eden Permana

    17 Februari 2012 at 09:10

    • Amiin…

      apdri

      20 Februari 2012 at 03:18

    • pak, bisa minta no hp nya? saya mau menanyakan sesuatu mengenai desa ciwaru.
      HP saya: 081586790079 trimakasih (abdulah)

      abdul

      28 Juni 2012 at 07:37

      • sebenarnya saya belum pernah ke Ciwaru, hanya pernah lewat jalur Jampangkulon – Surade – Ujung Genteng saja…
        silakan kalau ada pertanyaan, mungkin nanti pembaca yang lain bisa saling melengkapi infonya (misal yang pernah ke Ciwaru/tinggal di sekitar sana)…. :)

        apdri

        28 Juni 2012 at 11:13

  7. sungguh menakjubkan pemndangan di desa ciwaru ini,,benar-benar natural,,,,,

    alive zet

    29 Februari 2012 at 16:04

    • mungkin dulu kala, waktu hutan masih asri, bisa disaksikan ‘Niagara’ di sini.
      bentang sungai di Curug Puncak Manik itu sekitar 100 meter,
      hampir dua kali lebih lebar dari Curug Malela… :)

      apdri

      1 Maret 2012 at 02:00

  8. Sedikit ralat sob :)… Curug Awang tidak berada di hulu jembatan Ciletuh, tapi dihilir. Curug Awang, Curug Tengah dan Curug Puncakmanik semuanya berada di hilir jembatan Ciletuh. Jaraknya kurang lebih 5km bila menyusuri sungai Ciletuh kehilir jembatan. Terima kasih sob sudah memposting daerah kami :)

    Iqbal Luthfi

    9 April 2012 at 04:03

    • terima kasih banyak atas info & kunjungannya ke blog ini… :)
      kira-kira apa ada yang pernah ke air terjun di bagian hulu ya …
      lokasinya jauh dari jembatan Ciletuh arah timur laut, terpencil di hutan…

      apdri

      10 April 2012 at 03:29

      • Air terjun itu namanya Curug Puncak Jeruk, ngga tau kenapa dikasih nama begitu. Lokasinya berada di perbatasan hutan lindung dan tanah milik perkebunan cengkeh Zanzibar Maranginan. Dapat dilihat dari photo satelit itu deretan pohon-pohon cengkeh milik PT. Zanzibar berada disebelah utara dan barat air terjun itu.

        Iqbal Luthfi

        15 April 2012 at 07:48

        • wow, berarti sungai Ciletuh ini benar-benar kaya dengan air terjun, baik di hulu maupun di hilir … :)

          apdri

          16 April 2012 at 10:09

          • Tolong fhoto2 daerah kita diperbayak yeah.
            Gw bgga diaceh ngeliatin poto2 tmpat kita..indah2.curug awang.cimarinjuGw bgga diaceh ngeliatin poto2 tmpat kita..indah2.curug awang.cimarinjung
            Nanti gw plg dari aceh..bw org aceh ktmpat2 kta.. Oke blz yeah.

            Wawang a hidayat anak ciwaru

            25 November 2012 at 07:51

      • Klau aku lagi dimekarjaya hmpir tiap minggu lho maen ke puncak jeruk..
        Tpi skrg udah merantau ke aceh aku gk lgi. Makanya kgn skali. Tlg tampilkan yg lbh byk poto di daerah sana.
        Biar rasa rinduku pda kmpung hlmn sdkt bsa trobati

        Wawang a hidayat anak ciwaru

        25 November 2012 at 17:46

        • iya, tempatnya bagus sekali…
          mesti cari waktu nih untuk eksplorasi daerahnya,
          terima kasih atas kunjungannya … :)

          apdri

          26 November 2012 at 01:46

  9. Aduh jdi kgn nieh ama kp ku. Kpn aku pulg dari aceh yeai.h

    Wawang

    25 November 2012 at 07:19

  10. Aku sndhri bangga ama pnorama pantai plangpang.
    Gak klh dibanding ama pantai melaboh pantai kota calang diaceh ini.

    Wawang a hidayat anak ciwaru

    25 November 2012 at 07:33

    • betul, tempatnya unik, pantai berbatas tebing dan ada air terjunnya… :)

      apdri

      26 November 2012 at 01:48

      • Kita tlusuri sampe ilir sungai ciletuh yuk.
        Konon masih ada misteri bokor emas digunung apa tuh ilir ciletuh.
        Brangkali terkuak sejarah atau harta karun presiden pertma kta..
        2010 saxa kesana
        sambil berburu kancil dan kijang.
        Dan brkmah dipinggir sungai ciletuh.
        2thn sudah ketinggal keaceh,
        tempatku surgaku kec ciemas

        Wawang a hidayat anak ciemas

        26 November 2012 at 12:49

  11. Kang nonghol atuh di poto..
    Yg pling indah dipandang mata dari panenjoan ke laut ciwaru.
    Maaaantep indahnxa..
    Org aceh pun salut lo bang liat panorama daerah kita

    Wawang a hidayat anak ciemas

    26 November 2012 at 12:12

    • saya malah belum pernah ke Aceh… negeri serambi Mekah :)

      apdri

      28 November 2012 at 00:21

      • Ah aceh biasa aja bro..
        Enakan dipantai kta sendiri palangpang cimarinjung curug cikanteh.
        Gw tetap bgga ama daerah kta sendiri.
        Lau mu bndingin ama daerah kita.
        Bka situs aja..
        http://Www.pantai calang.com.
        Tpi indah daerah kta brur dbnding aceh cmn yg plg menarik hanya masjid baetul rahman aja.yg disbt masjid serambi mkh

        Wawang a hidayat anak ciemas

        3 Desember 2012 at 13:25

  12. terima kasih sudah jalan2 ke Cimarinjung :-)

    seandainya proyek jalan tembus dari Loji Simpenan ke Ciwaru saat itu 2004 – 2005 dilanjutkan, mungkin sekarang Sukabumi mempunya DUA jalur pantai yg sangat eksotis

    salam

    Dedi Suhendra

    26 April 2013 at 08:19

    • sebenarnya saya belum pernah ke Cimarinjung, baru lihat-lihat dari udara lewat Google Map saja… :)
      tempat ini pantai dan bentang alam dari tebingnya bagus sekali….
      terima kasih sudah mampir …

      apdri

      10 Mei 2013 at 05:45

  13. oh iya , menambahkan saja

    foto terakhir , panorama dari Teluk Ciletuh , org sana bilang Pantai Palangpang

    merupakan:

    Amfiteater raksasa Ciletuh ;

    Teluk Ciletuh , Sukabumi Selatan, sebuah amfiteater raksasa yang menyajikan bentang alam mempesona, menarik dan istimewa. Kawasan yg terletak di tepi Samudera Hindia ini ditempati oleh batuan bancuh (melange) yang patut dijadikan cagar geologi, tempat belajar lapangan. Salah satu batuan tertua di Pulau Jawa yang tersingkap ke permukaan ini merupakan hasil interaksi dua lempeng tektonik , diduga pada zaman kapur akhir sampai tersier awal – T. Bachtiar , GeoMagz hal.12-13 , vol.I no.3 September 2011 – Badan Geologi – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

    pemandangan Teluk Ciletuh , dilihat dari Puncak Darma , Giri Mukti Ciemas Kab. Sukabumi http://g.co/maps/2b7xp

    links pic sy di FP http://goo.gl/sFjxZ

    jangan lupa DOWNLOAD juga majalah sebelumnya ttg Ciemas , Teluk Ciletuh , sebagai AMFITHEATER RAKSASA dalam bidang GEOLOGI di Indonesia http://www.bgl.esdm.go.id/index.php/koleksi-geomagazine/231-geomagz-volume-i-no-3

    terima kasih

    d3d1s

    2 Juni 2013 at 19:51

    • mantap infonya, sangat bermanfaat… :)
      semoga lebih banyak orang mengenal dan memelihara warisan sejarah bumi ini …

      apdri

      3 Juni 2013 at 10:31

  14. Pemprov jabar siap melanjutkan jalan trans jabar yg sudah lama mandeg,tahun 2012 jabar akan mendapatkan kucuran dana dari idb sebesar 2,5 triliun dana itu spenuhnya akan di gunakan untuk penyelesaian jalan tran jabar selatan..mudah2han selama ini jalan yg kita harapkan cepat bisa di tuntaskan.amiin.

    Hermawan

    1 Oktober 2013 at 15:19

  15. Pemprov jabar siap melanjutkan jalan trans jabar yg sudah lama mandeg,tahun 2012 jabar akan mendapatkan kucuran dana dari bank idb sebesar 2,5 triliun dana itu spenuhnya akan di gunakan untuk penyelesaian jalan tran jabar selatan..mudah2han selama ini jalan yg kita harapkan cepat bisa di tuntaskan.amiin.

    Hermawan

    1 Oktober 2013 at 15:20


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: