Blog Apdri

Beberapa catatan sederhana

Santosa-Arjuna-Samudra (bagian 1)

with 19 comments

Pintu air dan persawahan di Sapan

Nama-nama tempat ini sepertinya tidak biasa. Mengapa memakai nama tokoh wayang seperti Arjuna? Kenapa dinamai Samudra padahal tempatnya di tengah pegunungan? Terlepas dari itu semua, inilah tempat-tempat yang tercantum di peta pada jalur mengitari gunung Papandayan.

Rute yang saya pilih adalah ke selatan menuju Ciparay, melalui area persawahan yang luas di daerah Sapan. Suasananya lengang dan segar, meskipun jalan tidak semuanya mulus.

Di mana Santosa - Arjuna - Samudra?

Sungai berbatu di lembah

Di alun-alun/terminal Ciparay, saya berbelok ke arah Pacet. Jalan lurus dan terus menanjak hingga Lembur Awi.

Setelah Lembur Awi

Sepanjang jalan Lembur Awi – Maruyung – Pacet selanjutnya didominasi ladang sayur-mayur. Bisa puas memandang lepas tanpa vila atau restoran yang menghalang. Sayangnya, makin jauh meninggalkan Ciparay, makin banyak jalan yang rusak.

Lembah hijau

Ladang datar yang lebih tinggi dari jalan

Di sebuah lengkungan lembah

Bayangan awan di tanah merah

Jalan menuju Maruyung

Lahan siap ditanami

Di daerah Pacet, saya bertanya arah ke Cibaturua lalu melewati hutan dengan pohon-pohon tinggi. Ternyata di hutan ini ada wana wisata hulu sungai Citarum.

Hutan dengan pohon-pohon tinggi

Wana wisata hulu sungai Citarum

Situ Cisanti, hulu sungai Citarum

Bersambung…

Written by apdri

21 Desember 2009 pada 02:48

19 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. ternyata daerah cicalengka ke selatan dataran tinggi toh, itu kalo ke selatan terus bisa nembus ciwidey juga kah????

    Innori

    21 Desember 2009 at 07:08

  2. iya ada banyak gunung di sana: Kendeng, Guntur, Papandayan, Wayang Windu, Malabar…
    Kalo mau nembus ke Ciwidey tanpa harus balik ke Bandung bisa aja, mesti ke Cibaturua-Pengalengan-Gambung(atau Banjaran)-Ciwidey…🙂

    apdri

    21 Desember 2009 at 07:30

  3. Wah,sampeyan cocok jadi touring guide khusus rute citarum river..
    Lanjutken!😀😀😀

    Lekdjie,dab!

    21 Desember 2009 at 13:13

  4. […] melalui Situ Cisanti, tak lama kemudian hutan berakhir dan tampak kebun teh Talunsantosa milik PT Perkebunan Nusantara […]

  5. ekspresif sekali …

    mas nganten

    30 Desember 2009 at 12:23

    • ya begitulah… terima kasih dah mampir🙂

      apdri

      30 Desember 2009 at 23:34

  6. […] memuat jarak antar kota dan lokasi pom bensin. Peta ini dapat dicari di internet. Jalur seperti Santosa-Arjuna-Samudra tampak di peta ini, begitu pula jalur pantai Cianjur-Garut selatan. Peta mudik dari […]

  7. […] Cimanuk, yaitu Situ Cibereum.  Lokasi situ/danau ini agak masuk,  tidak di pinggir jalan seperti Situ Cisanti (mata air Sungai Citarum) yang pernah saya lewati. Bukit dipenuhi ladang […]

  8. aku jad keinget d bandung kertasari rasa’y pengen kesana lg gmana kbary mereka, kangen.

    erisetiyawan

    3 Mei 2011 at 16:53

  9. kebun teh Kertasari memang unik,
    hamparan pemandangan sangat menarik,
    traktor-traktor bergiliran hilir mudik,
    tercium aroma teh dari pabrik
    …😀

    apdri

    3 Mei 2011 at 23:42

  10. Kumaha damang Kang,
    Bade tumaros…kalo ke Cisanti dari arah soreang apa ke arah perkebunan Rancabolang ?

    Acep Permana

    4 Februari 2013 at 07:47

    • kabar saya baik…🙂
      yang paling dekat ke Cisanti adalah lewat Banjaran – Arjasari – Pacet. Saya belum pernah lewat jalur ini, waktu itu lewat Ciparay. Atau bisa juga memutar lewat Pengalengan – Cibaturua – Kertasari – Pacet.

      Perkebunan Rancabolang sepertinya dekat dengan perkebunan Dewata di timur Ciwidey, jalur lain menuju Cidaun, coba ke link ini :
      http://www.goesbike.com/articles/597/1/Mountain-Bike-Ciwidey–Londok–Cihalimun—Cidaun/Page1.html

      apdri

      7 Februari 2013 at 11:25

      • Ah betul itu bisa lewat Banjaran-Arjasari nanti keluarnya antara Ciparay – Pacet (deket Maruyung), setahu saya kalo dari Pangalengan ke Cisanti nanti lewat Cibolang (pemandian air panas) baru ke arah Santosa – Kertasari dan perasaan sih gak lewat Cibaturua, eh iya koreksi jika saya salah Kang..perasaan saya daerah itu namanya Cibutarua deh

        thedy

        11 Februari 2013 at 10:54

        • berarti ada jalur dari perkebunan Malabar ke Kertasari ya tanpa harus lewat Santosa/Sedep…
          trims infonya…🙂

          apdri

          7 Maret 2013 at 02:01

  11. Rencana saya ingin ke Cisanti 23-24 Februari ini utk camping & hunting foto. Semalam dapat berita kalo dari Dayeuhkolot banjir. Jadi kemungkinan via Banjaran saja

    Acep Permana

    12 Februari 2013 at 06:58

  12. Akhirnya kesampaian juga camping di Situ Cisanti tgl 23-24 Feb. Pulangnya saya gowes sendirian sampai Malabar…nikmat bener dengan pemandangan indah sepanjang perjalanan

    Acep Permana

    26 Februari 2013 at 09:23

  13. Acep Permana

    5 Maret 2013 at 09:34

    • wah mantaap…. sudah lama belum lewat sana lagi …🙂

      apdri

      7 Maret 2013 at 01:50


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: