Blog Apdri

Beberapa catatan sederhana

Santosa-Arjuna-Samudra (habis)

with 20 comments

Hutan lebat di belakang Cileleuy

Setelah puas menikmati kebun teh terbuka sejak Kertasari hingga Cileleuy, sekarang sampailah pada bagian akhir dan terberat dari perjalanan ini, menuju Arjuna dan Samudra.

Rimbunnya hutan membentang di belakang emplasemen Cileleuy. Kata penduduk yang saya tanyai, Cikajang masih jauh dan mesti menembus leuweung (hutan). Biarlah, sudah tanggung berjalan sejauh ini, mau balik juga jauh, mudah-mudahan sampai Cikajang sebelum gelap.

Di tengah hutan cemara

Hutan alam sesudah hutan cemara

Tebing batu di kiri jalan

Tebing batu difoto dari depan

Keluar hutan, ketemu dusun di pedalaman, kemudian masuk hutan lagi. Jalannya sempit, tapi truk kecil masih bisa lewat sini. Waktu berpapasan, motor terpaksa minggir ke rumput di pinggir jalan.

Dusun di pedalaman

Kembali masuk hutan

Truk kecil bisa lewat sini

Jalan panjang berbatu

Cahaya mentari sore tampak saat keluar dari hutan dan sampai di kebun teh yang luas. Cukup lama berbelok-belok di kebun teh ini untuk mencapai Arjuna. Sepertinya tidak ada ada pabrik teh di sini, hanya emplasemen/perumahan seperti Arjuna dan Panawa.

Ketemu kebun teh

Pohon di kiri kanan jalan

Menuju Arjuna

Daun-daun teh yang segar

Beberapa kali tampak burung tikukur di tengah jalan, yang kemudian terbang ketika saya mendekat. Mungkin pepohonan di kebun teh ini telah lama menjadi sarang mereka.

Jalan di dasar lembah yang akan dilewati

Pohon-pohon berbaris di punggung bukit (kanan)

Tulisan di papan: Selamat datang di RW 04 Arjuna, Desa Panawa, Kec. Pamulihan

Meninggalkan Panawa jam setengah enam sore, saya pun bergegas dan tidak banyak foto-foto lagi.

Ke kiri Bandung 100 km, ke kanan Garut 50 km

Senja di Panawa

Terakhir kali memotret kebun teh sebelum gelap

Selanjutnya masuk hutan saat mulai gelap. Suara jangkrik dan cahaya kunang-kunang bermunculan, mengiringi jalan berbatu yang rasanya tidak habis-habis. Satu setengah jam di tengah kegelapan, berselang-seling antara hutan dan kebun teh, akhirnya keluar dari balik gerbang Kebun Papandayan.

Masuk hutan lagi

Gerbang Kebun Papandayan

Mungkin di sinilah Samudra yang disebut di peta itu. Ada bangunan seperti pabrik teh yang lampunya terang di lembah. Tiga belas kilometer kemudian melalui jalan halus sampai di Cikajang dan belok kiri ke arah Garut.
Sampai dengan selamat di Bandung jam 10 malam.🙂

Samudra di peta (gambar panah)

Written by apdri

2 Januari 2010 pada 14:54

20 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. kalo yg ni bener2 mantap view-nya..
    kuereeen abizz…😀
    jadi pengen jalan2 ksitu..

    kilaubiru

    4 Januari 2010 at 14:24

    • view-nya bagus-bagus, sayang dah kesorean, jadi nggak sempat mampir ke air terjun/curug Orok di daerah Samudra…
      trims dah mampir🙂

      apdri

      5 Januari 2010 at 01:54

  2. kang kalo rapting ke arjuna lagi ke cikopo dong terus posting gambar gambar baru tank”s ya udah memuat desa saya semoga dengan adanya desa saya di internet bisa di lihat oleh pemerintah bahwa masih ada desa yang masih jauh dari pusat kota

    hendi

    19 Mei 2010 at 14:54

    • Cikopo itu kalo dari Arjuna ke arah mana, dekat Panawa ya?
      Kondisi jalan di kecamatan Pamulihan ini parah banget, seperti tidak ada jalan aspal sama sekali. Padahal jaraknya hanya sekitar 20-25 km dari Cikajang dan jalur Garut-Cikajang itu mulus, begitu juga Cikajang-pabrik teh Samudra (13 km).

      apdri

      19 Mei 2010 at 23:30

      • kalo dari arjuna menuju arah cikajang belok kanan yang ada pertigaan menuju ke kantor desa panawa di situ lah kp cikopo kapan-kapan mampir untuk minum atau istirahat ???allhamdulilah sekarang jalanya sudah di aspal sebagian??????

        hendi

        19 Juli 2011 at 07:25

        • berarti Cikopo itu pemukiman di kanan jalan (di kejauhan) yang saya lihat sebelum matahari terbenam. Sempat ragu waktu di pertigaannya apakah lewat situ atau lurus menuju hutan, akhirnya lurus masuk hutan🙂

          apdri

          20 Juli 2011 at 00:35

          • ya kang harusnya belok kanan kalo mau ke cikopo mah ada jalan setapak menuju daerah ciangkrong yang bisa tembus ke bungbulang pameungpeuk tapi lumayan cukup jauh kapan_kapan mampir buat minum dan istirahat ,ya kalo luruske hutan mah menuju cikajang ???/

            hendi

            10 Agustus 2011 at 03:06

  3. Kang
    Ini dia jalan yang saya cari-cari (Arjuna – Sentosa) sehabis jalan-jalan ke curug orok, tapi gak ketemu akhirnya bablas ke cibungbulang terus cisewu dan pangalengan.

    memang daerah sini nikmat banget buat jalan-jalan mblusuk-blusuk ke daerah yg eksotis…

    kapan-kapan saya mau coba cari lagi jalan ini
    Ok Kang salam kenal dari saya – imam arkan.

    imam arkananto

    7 Januari 2011 at 10:14

    • Salam kenal juga Pak Imam…

      Dari arah Samudra lewat gerbang Kebun Papandayan itu nanti akan ketemu satu emplasemen (pemukiman kecil), sebelum masuk hutan dan keluar di Panawa/Arjuna. Sebaiknya lewat sini siang hari…

      Petunjuk jalan di cabang-cabang jalan agak jarang, jangan sungkan bertanya ke penduduk sekitar untuk memastikan tetap di jalur yang benar…🙂

      apdri

      7 Januari 2011 at 11:15

    • salah belok harusnya dari sumadra belok kanan menuju wanagiri pasti sampe ke arjuna cikopo sampai santosa

      hendi

      19 Juli 2011 at 07:22

  4. khawatir bensin ga cukup…. SPBU/ bensin eceran ada yg jual sepanjang dalam perjalanan ga?

    Rizki Herdyan

    6 Maret 2011 at 09:05

    • di pertigaan Cileleuy ada kios bensin eceran, tapi waktu itu bensin di tangki masih cukup, dan isi lagi di SPBU antara Cikajang – Garut…

      apdri

      6 Maret 2011 at 13:56

  5. Mangtab reportasenya..Rencana trip saya yang belum ajah kesampaian….http://katenzo.multiply.com/journal/item/3/Rencana_Goes_Garut_-_Bandung_via_Kaki_Gunung_Papandayan

    katenzo

    7 April 2011 at 09:40

    • semoga segera terlaksana…
      pemandangannya bagus sekali & sangat fresh.
      terima kasih sudah mampir🙂

      apdri

      7 April 2011 at 11:53

  6. kapan mau rapting ke cikopo lagi kang di tunggu

    hendi

    19 Juli 2011 at 07:20

    • belum tahu nih kapan lewat sana lagi…
      kalau dari Cikopo apa bisa menuju curug Sanghiyang Taraje? masih di satu kecamatan Pamulihan juga kan…

      apdri

      20 Juli 2011 at 00:38

      • ga bisa pak lo mu ke sanghiang taraje lewat sumadra soalnya lo lewat cikopo itu terlalu jauhhhh memutar jalanya juga setapak ada juga di cikopo namanya curug asik!!!yang tingginya kir2 100 _+

        hendi

        10 Agustus 2011 at 03:08

  7. ok sip, terima kasih infonya…

    apdri

    17 Agustus 2011 at 03:15

    • sami sami kang

      hendi

      30 Juli 2012 at 15:31

  8. wah pengalaman anda sangat penting buat saya ,,dari dulu saya pingin banget nembus dari pangalengan ke arah garut melalui papandayan,,,insyaalloh nanti akan saya telusuri,,,,dulu thun 1998,,saya sering main sampai talun santosa dan sekali di tembus ke cisanti terus ke ciparay

    mohamad muslih

    5 November 2013 at 08:22


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: