Blog Apdri

Beberapa catatan sederhana

Sisi Lain Saguling: Cililin-Sindangkerta

with 30 comments

Menuju Cililin

Akhirnya jadi juga pergi ke Curug Malela. Foto-fotonya cukup banyak, akan dimuat dalam tiga tulisan. Peta dan nama-nama tempat yang dilewati dapat dilihat di sini.

Waktu berangkat pagi itu langit tidak begitu cerah, berharap semoga tidak hujan di jalan. Dari Bandung, melalui jalan Nanjung seperti waktu ke Curug Jompong, lalu belok kanan di pertigaan menuju Cililin. Jalan raya membentang di antara perbukitan, ciri khas kabupaten Bandung Barat.

Bukit yang sudah dieksploitasi

Bukit-bukit yang masih alami

Genangan waduk Saguling, di sebelah kanan jalan sebelum Cililin

Antara Cililin-Sindangkerta, ada beberapa jembatan yang catnya sudah hilang tapi masih berdiri kokoh. Tidak ada arusย  sungai mengalir di bawah jembatan, hanya genangan waduk Saguling yang sampai kemari. Mungkin usianya sudah lebih dari seperempat abad, setua bendungan Saguling yang dibangun tahun 80-an.

Jembatan pertama, yang terpanjang

Pemandangan di sebelah kiri jembatan

Genangan waduk di sekitar jembatan kedua

Jembatan kedua, kusam tapi kokoh

Jembatan ketiga, banyak warung ikan bakar

Jembatan yang paling ramai ada di daerah Sindangkerta, sekitar 40 kilometer dari Bandung. Warung ikan bakar banyak berjejer di kiri-kanan jalan, namun tidak tampak dermaga perahu seperti di Cirata.

Pemandangan sebelah kanan jalan, jaring apung di tengah waduk

Waduk Saguling di Sindangkerta (kiri), dari atas ketinggian bukit sebelum Gununghalu

Bersambung…๐Ÿ™‚

Written by apdri

18 April 2010 pada 22:36

30 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] melalui Sindangkerta, suasana pedesaan semakin terasa. Jalan menuju kecamatan Gununghalu melewati banyak tanjakan dan […]

  2. td sy sempat ke tempat tersebut, saya mengambil jalur menuju sindang kerta bukan ke gunung halu memang bagus…
    tp yang jd pertanyaan saya,temapt tersebut buka tempat yg memang sengaja di lokasi kan sebagai tempat wisata ya….
    hanya pemandangan penghias jalan saja…
    apa kl di teruskan hingga sindang kerta ada tempat khusus wisata saguling…

    rifki

    16 Mei 2010 at 17:13

    • betul, sepertinya belum dikelola oleh pemkab Bandung Barat, tidak tampak pintu gerbang obyek wisata seperti di Cirata. Padahal kalau ada penyewaan perahu di situ, mungkin bisa menyusuri hingga ke tengah waduk (gambar tangan)…๐Ÿ™‚

      apdri

      18 Mei 2010 at 02:34

      • ada ko kalo mau ke tengah2 danau saguling cuman yang di sewain itu perahu2 masyarakatnya sndiri..
        tapi bukan ke danau pas bndungan nya kan ga boleh kesana..

        maya

        22 Agustus 2013 at 09:32

    • oh ya mazza zih.kamu teh anak mana itu adalah tmpat yang sangat indah sekali bukandt

      aisyah

      20 Juni 2010 at 07:39

      • iya, banyak pemandangan bagus sekitar Bandung.
        trims sudah mampir…

        apdri

        20 Juni 2010 at 10:59

  3. cctv cililin batulayang mana?

    edeng permana

    8 Juni 2010 at 14:24

  4. ccyv cililin batulayang mana?

    edeng permana

    8 Juni 2010 at 14:25

    • kalau di peta itu, Batulayang ada di selatan Jalan Manapa, tapi saya tidak tahu di mana persisnya ccyv, mesti tanya penduduk sekitar sepertinya…

      apdri

      8 Juni 2010 at 22:38

      • ya mungkin???????????????????????????????????????

        aisyah

        20 Juni 2010 at 07:40

        • ya ,,,
          memang betul Bandung barat itu memiliki kekayaan alam yang belum d ketahui masyarakat umum, jangankan masyarakat luar, masysarakat asli sendiri banyak yang belum tahu seluk beluk bandung barat yang kaya akan keindahan alam dan tempat wisata,
          salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya perhatian dari pemerintah pemkab,
          seharusnya pemerintah ada perhatian khusus agar kab Bandung Barat bisa di kenal d masyarakat dalam maupun luar, ini sangat berdampak bagi kemajuan kab Bandung Barat sendiri.
          apalagi bandung Barat merupakan kabupaten yang masih belia bisa d sebut kabupaten ANOM yang baru berdiri belum lama ini .
          semangat teruz pemkab bandung barat,semoga Bandung Barat bisa lebih maju menjadi kabupaten yang bermartabat , amin ……

          fadil

          16 Mei 2011 at 05:54

          • Amin…
            memang sepertinya obyek wisata kab. Bandung Barat yang populer adalah kawasan utara-timur seperti THR Juanda, Lembang, Maribaya, Tangkuban Perahu seperti yang ada di situs pemprov Jabar.

            http://www.jabarprov.go.id/index.php/subMenu/161

            Adapun yang ada di barat-selatan kurang diekspos. Di situs pemkab misalnya (http://www.bandungbaratkab.go.id/ menu Informasi > Pariwisata > Wisata alam), dimuat Waduk Saguling & foto bendungan PLTA-nya. Tidak disebut di Sindangkerta ada jaring apung, ikan bakar, jembatan panjang membelah waduk di kiri-kanan. Di sekitar PLTA-nya justru tidak ada warung ikan bakar, tidak boleh berperahu, menjala ikan, dsb…

            Curug Malela yang sering diberitakan, petunjuk arah jalannya boleh dibilang tidak ada, bahkan di Gununghalu sekalipun. Kalau serius ingin dipopulerkan/dijadikan andalan, kan bisa saja pemkab memasang tulisan “Curug Malela … km” di jalan raya Cimahi-Padalarang pada pertigaan-pertigaan menuju Cililin. Tiap hari ribuan orang lewat jalan itu, dan tulisannya tetap dibaca selama bertahun-tahun, termasuk orang dari luar daerah…๐Ÿ™‚

            Ini ada contoh petunjuk arah wisata yang pernah difoto :

            apdri

            17 Mei 2011 at 20:09

  5. cililin kampung halaman saya danau saguling merindukanku tuk datang kembali ke kampungku

    lisa

    16 September 2010 at 03:44

  6. air danau yang tenang berlatar bukit yang memanjang di kejauhan, kabut tipis yang perlahan menghilang seiring hangatnya matahari pagi… (biar tambah kangen sama suasananya) …๐Ÿ™‚

    apdri

    16 September 2010 at 03:59

  7. waah ternyata waduk saguling masih indah ya..hehe
    mas saya mau penelitian di sindangkerta..saya mau minta info jalannya kalau dari bandung lewat mana?
    kondisi jalannya seperti apa?
    hatur nuhun

    fariedz

    29 September 2010 at 12:17

    • kalau dari Bandung lebih mudah lewat Cimahi-Batujajar-Cililin, soalnya saya sempat tersesat waktu malam mau lewat jalan Nanjung.
      kondisi jalan setengah tahun yang lalu sih masih mulus, gak tahu nih sekarang…๐Ÿ™‚

      apdri

      29 September 2010 at 23:28

  8. bagus bagus bagus aq jd ingat kampung halaman
    merinding rasanya melihat keindahan kampung yg indah & alami, tolong di muat gambar gunung batu di desa sindang kerta makacih

    aden

    6 November 2010 at 11:40

    • di desa Sindangkerta waktu itu hanya selintas lewat saja, tidak sempat memotret khusus gunung batunya๐Ÿ™‚
      trims sudah mampir…

      apdri

      7 November 2010 at 00:04

  9. bisa ga lihat pemandangan di curugcibitung desa mukapayung

    endang suryana

    13 November 2010 at 09:17

    • saya belum pernah ke sana…
      curug itu lokasinya di sekitar Cililin-Sindangkerta ?

      apdri

      14 November 2010 at 09:34

      • Jd inget wkt pesantren d kp.saar mutiara cililin th 2003 silam tiap sore hari main d pinggiran danau saguling,,kangen keindahan pemandangan dan keramahan masyarakatnya.,alhmdlh aku prnah merasakan menjadi masyarakat sana wlwpn nyantri,,cililin tak pernah trlupakan,,miss u..

        irfan supriatna cikarang

        15 Maret 2016 at 11:13

  10. ada yang bagus juga pemandanganya di ciririp sbelum sebelum jembatan terakhhir menuju rancapanggung, enak buat makan” disana๐Ÿ™‚

    rokibul

    31 Maret 2011 at 15:25

    • iya, ingin juga mencoba salah satu ikan bakar di sepanjang tepian waduk ini, sayang waktunya terbatas, siapa tahu turun hujan padahal tujuan masih jauh…๐Ÿ™‚

      apdri

      1 April 2011 at 00:08

    • iya saya tau๐Ÿ™‚

      maya

      22 Agustus 2013 at 09:26

  11. gambarnya cukup mengobati kerinduanku pda kampung halaman kampung gombong pancuran desa budiharja……trims

    amirah

    11 Februari 2012 at 15:42

    • sama-sama, terima kasih sudah mampir…๐Ÿ™‚

      apdri

      13 Februari 2012 at 06:39

  12. kalo mau ke saguling gampang ga perlu lewat sindangkerta gunung halu..
    ambil aja jalan sebelah kanan yang di pertigaan yang mau ke sindang kerta..
    terus aja sekitar setengah jam pke motor jga udh nympe sana
    rumah saya juga di saguling๐Ÿ™‚

    maya

    22 Agustus 2013 at 09:24

  13. Saya merasa bangga dgn keindahn dn kekayaan kab. Bandung Barat, aplgi jarak rumah sya dekat dgn genangan air saguling kec. Cililin..

    prawira ardian

    8 Desember 2013 at 03:09

  14. Saguling citarum tinggal cerita saja bwt anak cucu kita….eksploitasi kekuasaan n politik yg terbelenggu dalam keserakahan…

    Arya Kelana

    14 April 2014 at 16:46

  15. lihat hasil eksploitasi yg tak terkendali krn ga punya sense of control….kegiatan tambang yg tak mengenal hasil jerih payah kucuran darah nyawa para pembela tanah air…sediiihhh

    Arya Kelana

    14 April 2014 at 16:48


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: