Blog Apdri

Bandung Lautan (Kembang) Api

with 5 comments

Melihat Kembang api di atas Bandung

Gerimis kecil turun di tengah udara dingin yang sesekali berkabut tipis di penghujung tahun 2012. Dari atas perbukitan kota Bandung, melihat lampu-lampu kota di bawah.

Tripod dipasang, lensa kamera dibiarkan membuka cukup lama. Setiap jepretan antara 10 – 30 detik, merekam pesta kembang api yang terjadi hanya setahun sekali.

1 Januari 2013 at 05:10

Ditulis dalam Memotret

Tagged with , ,

Merapi Tua, Merapi Muda

with 4 comments

Merapi-Merbabu samar-samar dari jalan Solo-Boyolali

Waktu gunung Merapi meletus tahun 2010 silam, saya hanya menontonnya di tv. Mumpung lewat Boyolali, sekalian belok ke arah Magelang untuk melihat gunung itu lebih dekat.

Dari arah timur, Merapi tak ubahnya seperti gunung tua yang tidur. Lerangnya dipenuhi tumbuhan, tidak tampak bekas letusan sama sekali. Kalau belum pernah melihat lokasinya di peta, mungkin orang akan menyangka yang terakhir meletus adalah Merbabu, karena puncaknya lebih botak dan berwarna abu-abu.

8 Oktober 2012 at 02:26

Lereng Gunung Lawu

with 11 comments

Gunung Lawu dari arah timur

Libur lebaran tahun ini cukup panjang, ada waktu beberapa hari untuk mengunjungi tempat-tempat yang jauh. Perjalanan berangkat biasa saja, terjebak macet arus mudik dan menghabiskan malam di jalan. Baru sempat foto-foto saat perjalanan pulang dari Jawa Timur.

Kali ini dipilih jalur altenatif menuju kota Solo tanpa melalui Ngawi – Sragen yang dilalui saat berangkat. Dari Madiun ambil rute Magetan – Sarangan – Tawangmangu – Karanganyar.

5 September 2012 at 02:23

Pasir-pasir Cipatujah

with 6 comments

Jembatan Cipangisikan berlatar pohon meranggas

Waktu menunjukkan jam dua siang saat meninggalkan pantai Sancang, menembus hutan kembali ke jalan utama perkebunan Miramareu.

Sengaja kali ini ke arah timur, tidak kembali ke Pamengpeuk, karena belum pernah menelusuri pesisir Tasik selatan yang ternyata tidak begitu jauh lagi.

7 Agustus 2012 at 12:36

Leuweung Sancang

with 11 comments

Tugu merah, pertigaan ke Sancang

Dua puluhan kilometer dari Pamengpeuk, tampak petunjuk ke arah desa Sancang, sebuah pertigaan dengan tugu merah di kanan jalan.

Saya berjalan lurus saja, berharap segera bertemu leuweung (hutan) di hadapan. Namun kebun karet seperti tiada habisnya, akhirnya diputuskan belok pada pertigaan berikutnya.